Rabu, 15 Juli 2009

Menggunakan Karakter Tersembunyi

Mungkin anda sering sekali melihat tulisan dengan menggunakan karakter-karakter aneh yang tidak bisa anda temukan di keyboard komputer anda. Mungkin anda sedikit bertanya-tanya, apakah tulisan-tulisan tersebut adalah sebuah gambar, atau memang murni merupakan sebuah karakter font?. Memang, karena keterbatasannya, tidak semua karakter font dapat anda lihat dan gunakan secara instan melalui keyboard anda. Perlu ada sedikit trik kombinasi agar anda dapat menggunakan karakter-karakter tersembunyi yang sebenarnya ada, dan dapat kita gunakan.

Sebelum anda mencoba menggunakan, sebaiknya ada coba lihat dulu, karakter-karakter apa saja sih yang memang tersedia?

Oke, bagi anda pengguna windows, anda bisa coba melihatnya dengan sangat mudah menggunakan applikasi “character map” yang memang merupakan applikasi bawaan windows sendiri. Di Windows XP, cahracter map bisa dijalankan melalui tombol start menu -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Character Map.

Nah, disana anda bisa melihat ada berapa karakter yang tersedia untuk berbagai jenis font yang telah terinstall di PC anda.

Oke, sekarang bagaimana cara menggunakan karakter-karakter tersebut kedalam tulisan yang ingin anda buat?

Gampang saja, yang harus anda lakukan adalah, memilih karakter pilihan anda, kemudian tekan tombol select, kemudian pilih lagi jika anda masih ingin memilih kemudian tekan select kembali, lakukan terus menurut sesuai kebutuhan anda. Setelah selesai dengan karakter pilihan anda, anda tinggal menekan tombol copy.

Sampai sini sudah selesai? yaaaa belummm lahh… Oke, sekarang buka dokumen dimana anda ingin meletakkan karakter-karakter tersebut, klik kanan mouse anda, kemudian tekan paste. maka…jreng…jreng…Selamat mencoba

sorry klo repost..

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger